Rabu, 07 Oktober 2015

KUIS PRAKARYA KELAS XI IPA

Jawablah kuis dibawah ini dengan mengisi di kolom komentar dan jangan lupa menulis nama lengkap dan kelas.

" BERIKAN CONTOH KERAJINAN DARI BAHAN BEKAS YANG DIJADIKAN KOMODITAS EKSPOR DI INDONESIA"

NB :
-  Jawablah dengan singkat dan jelas
-  Apabila sumber yang didapat dari situs tertentu, jangan lupa cantumkan link situs tersebut.

SELAMAT MENJAWAB

25 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bahan bekas yang dapat dimanfaatkan adalah plastik, barang bekas plastik dapat dijadikan komoditas ekspor di Indonesia. Contohnya pembuatan bunga plastik karena keunikan dan keindahan bunga plastik, membuat minat konsumen terhadap kerajinan bunga plastik cenderung meningkat sehingga laku dipasaran internasional.

    BalasHapus
  3. kerajinan dari koran bekas yg dibuat menjadi miniatur kendaraan,monas, menara efel, dll. kerajinan dari koran ini sdh diekspor ke Amerika, Inggris, Australia dan negara lainnya.
    RIMA RAHMILA XI-IPA4

    BalasHapus
  4. Bahan bekas yang dapat menjadi komoditas ekspor di Indonesia adalah kain perca. Contohnya membuat sprei dan selimut. Selain sprei dan selimut, kain perca juga dapt dibuat menjadi tas unik, souvenir cantik, dll.
    Nama: Sri Yanti
    Kelas: XI IPA 5
    SUMBER: http://www.wisata-buku.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2262&Itemid=2405

    BalasHapus
  5. Contohnya kerajinan sampah kulit kerang seperti gelang,kalung,cincin,hingga berbagai furniture untuk meja rias,dll(diekspor keitalia,amerika serikat,jerman,spanyol,rusia,dan polandia
    Kerajinan patung dari kayu bekas(diekspor keBenua Eropa dan Amerika) YULIDA AFRIANA ARIEF(Xl IPA 3)
    Sumber:http://www.anneahira.com/ekspor.htm

    BalasHapus
  6. Bahan bekas yang dapat dimanfaatkan dan dapat dijadikan komoditas ekspor di Indonesia adalah: Kerajinan dari bambu atau kayu. Produk-produknya pun beragam, seperti kerajinan meja dan kursi, miniatur rumah adat, hiasan lampu atau lampion, patung-patung binatang, dan bentuk kerajinan lainnya.

    Ezra Hizkia Noer
    XI IPA 3
    Sumber: http://www.wisata-buku.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2262&Itemid=2405

    BalasHapus
  7. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang jadi adalah alas kaki, kertas, karton, dan alat elektronik. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang setengah jadi adalah bijih besi, bijih perak, dan getah karet.Jasa, Contoh ekspor di bidang jasa adalah kegiatan pariwisata dan pengiriman tenaga kerja. Selama ini Indonesia telah mengirimkan tenaga kerja ke berbagai negara. Misalnya, Arab Saudi, Hongkong, Singapura, dan Malaysia
    Nama:Fauzan
    Kelas:XI IPA3
    http://brainly.co.id/tugas/1599075

    BalasHapus
  8. Komoditas Industri dan Kerajinan, Komoditas industri dan kerajinan meliputi berbagai produk yang sudah melewati proses pengolahan. Hasil olahan ini bisa berupa barang jadi atau barang setengah jadi. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang jadi adalah alas kaki, kertas, karton, dan alat elektronik. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang setengah jadi adalah bijih besi, bijih perak, dan getah karet.
    Jasa, Contoh ekspor di bidang jasa adalah kegiatan pariwisata dan pengiriman tenaga kerja. Selama ini Indonesia telah mengirimkan tenaga kerja ke berbagai negara. Misalnya, Arab Saudi, Hongkong, Singapura, dan Malaysia
    Nama: Risky Maulana
    Kelas:XI IPA3
    http://sistem-pertanian-terpadu.blogspot.co.id/2013/01/komoditas-ekspor-dan-impor-indonesia.html?m=1

    BalasHapus
  9. Misalnya, kerajinan tas unik yang potensinya menjanjikan. Sebab tas diperlukan semua kalangan. Buatlah kerajinan tas unik itu semenarik mungkin. Negara potensial sebagai tujuan bisa ke Amerika Serikat, Australia, Malaysia, dan Jepang (halaman 20–23).
    Banyak lagi yang bisa diekspor, seperti kerajinan kain perca, flannel, barang-barang bekas, bambu, kayu, kertas daur ulang, dan makanan camilan yang khas daerah seperti keripik singkong, tempe, dan kerupuk tengiri.
    Nama:Agung paninti
    Kelas:XI ipa 3

    BalasHapus

  10. Tentu agar produk kerajinan tersebut bisa menjadi komoditas ekspor ada beberapa hal yang mesti dilakukan para pebisnis. Misalnya pada kerajinan sprei dan selimut untuk bisa diterima di pasar manca, pebisnis harus gencar memasang iklan lewat berbagai media, menyediakan berbagai warna serta motif untuk konsumen terutama warna dan motif yang sedang digandrungi di negara tujuan ekspor, usahakan produk tersebut paling menarik di kelasnya, jualah di Ruko atau Gerai yang mudah dijangkau konsumen.
    Nama:Ina Indriani
    Kelas:XI IPA3
    http://www.wisata-buku.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2262&Itemid=2405

    BalasHapus
  11. contoh barang bekas yang dijadikan komoditas ekspor di Indonesia yaitu seperti kerajinan patung dari kayu bekas yang sudah diekspor hingga ke Benua Eropa dan Amerika.
    kerajinan sampah kulit kerang seperti kalung, gelang, kap lampu, cincin yang sangat diminati oleh turis asing yang sedang berlibur ke Bali hingga berbagai furniture untuk meja rias,dll yang sudah di ekspor ke Italia, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Rusia, Polandia

    sumber : http://www.anneahira.com/ekspor.htm

    BalasHapus
  12. contoh dari barang bekas yang berhasil di daur ulang menjadi sesuatu yang berguna dan dapat di ekspor oleh indonesia adalah sampah plastik. Sampah plastik berhasil di olah kembali menjadi tas laptop, dompet, korden kamar mandi, tempat sampah, tas belanja, payung colerfull, sendal, dll. Yang telah berhasil di ekspor ke Singapura, Amerika Serikat, Australia dan Dubai dengan keuntungan yang tidak sedikit.
    -RAHMAWATI (XI IPA 3)-

    http://aksel-retro.blogspot.co.id/2011/12/bahan-kerajinan-dari-barang-bekas.html

    BalasHapus
  13. Kerajinan hasil laut merupakan salah satu jenis kerajinan unik dengan aneka bentuk yang cantik dan unik. Kerajinan hasil laut dapat dibuat dengan berbagai macam hasil laut kemudian dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan unik dengan nilai seni tinggi. Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan adalah kerang dan karang laut yang telah terdampar di pinggir pantai. Bahan-bahan dari laut seperti kulit kerang dapat dijadikan menjadi berbagai macam kerajinan, seperti kalung, gelang, bingkai cermin, bingkai foto, lampu hias dan lain sebagainya. Fungsi dari perhiasan ini adalah untuk menghias ruangan (tamu, kamar tidur, ruang keluarga atau dapur cantik Anda). Kerajinan hasil laut tersebut juga bisa digunakan sebagai hadiah istimewa bagi teman atau sebagai cenderamata. Kerajinan-kerajinan tersebut dibuat oleh tangan-tangan ahli dari para pengrajin Bali dan pulau Jawa sehingga tingkat kerapian dan kualitasnya sudah terjamin.

    Pemasaran untuk kerajinan hasil laut dari kulit kerang ini tidak hanya dipasarkan di pulau Bali saja tetapi juga sudah mampu mengekspor ke beberapa Negara tetangga seperti Australia dan juga Hongkong.

    Irma Yanti (XI IPA 3)

    http://hendrasipahutar41.blogspot.co.id/2015_02_01_archive.html

    BalasHapus
  14. jerami merupakan limbah pertanian yg diangap mengganggu,menimbulkan penyakit gatal,sarang tikus,bahkan apabila dibakar menimbulkan kabut asap. padahal jerami memiliki nilai ekonomi yg tinggi,yg dapat dijadikan kerajinan tangan seperti gantungan kunci,mainan 3 dimensi, lukisan dan hiasan rumah lainnya yg dapat diekspor keluar negeri

    NISA XI IPA 3

    BalasHapus
  15. ECENG GONDOK dianggap masyarakat sebagai hama,perkembangannya sangat cepat dan sering ditemui diaerah yg terdapat air.di tangan pengrajin eceng gondok bisa diubah barang yg dapat dijual seperti dibuat sendal,tas,tempat hiasan dsb.

    ALFI EKA WIDYANTI XI IPA 3

    BalasHapus
  16. Contohnya kerajina dari kain perca yg paling menjanjikan adalah sprei dan selimut pasalnya orang*di berbagai negara yang selalu mengikuti tren mode senantiasa merubah penampilan interior rumah mereka termasuk penampilan sprei dan selimutnya. Menyesuaikan dengan tren yg ada terbukti pd thn 2013 ada90 eksportir indonesia yg berarsil mengekspor produk meraka.

    Nordewi sari XI IPA3
    Sumber http://www.wisata- buku.com

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. barang bekas dari indonesia yang dapat di ekspor ke luar negeri atau komoditas ekspor indonesia adalah seperti pecahan pecahan kaca (yg berwarna),dari pecahan pecahan kaca tersebut dapat dibuat menjadi mozaik yg biasanya di ekspor ke daerah timur tengah
    -sindhi dwi lestari
    XI IPA 5

    BalasHapus
  19. Contoh kerajinan bahan bekas yang menjadi komoditas ekspor di indonesia adalah limbah dari kertas bekas dan koran bekas dapat dibuat menjadi pesawat terbang,kapal layar,mobil,becak. Kerajinan tersebut telah di ekspor ke jerman.

    NAMA :M.Noorhidayatullah
    KELAS :XI IPA 3

    SUMBER :www.harianterbit.com/m/ekonomi/read/2015/03/15/22266/31/21/kerajinan-limbah-koran-tembus-pasar-jerman.-kerrreeen...

    BalasHapus
  20. Kerajinan bahan ban bekas seperti sandal,dompet,tas,aksesoris,dan dll,banyak diminanti dari negara belanda,prancis,jerman,dan jepang.
    Dari:Nurul hikmah
    Kelas:Xl.ipa 4

    BalasHapus
  21. kerajinan bahan bekas yang menjadi komoditas ekspor di indonesia. limbah Dari koran dan kertas bekas yang di buat menjadi Kerajinan replika kendaraan, pesawat terbang dan lainya. Hasil dari kerajinan tersebut telah di ekspor hingga ke jerman.
    Nama:rizky faldy alfarizi
    Kelas:XI ipa3

    BalasHapus
  22. barang bekas yang digunakan di antaranya ban bekas serta kertas koran atau majalah. Dari bahan-bahan itu dapat dibuat produk kerajinan berupa kap lampu, pigura, keranjang, wadah buah, pohon natal, patung, dan sebagainya, kerajinan ini sudah di ekspor ke Thailand, Singapura, Korea, Jepang, Jerman, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. 
    Sumber: http://googleweblight.com/?lite_url=http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/07/27/083100626/Irma.Menyulap.Barang.Bekas.Menjadi.Dollar.AS&ei=sHurZm0l&lc=id-ID&s=1&m=126&ts=1444974874&sig=APONPFkbe8fZH44v0xoGAUNdjl4iPDyoww
    Nama: Natari Mardatilah
    Kelas: XI ipa 5

    BalasHapus
  23. Dalam bidang kerajinan, ada banyak jenis yang bisa dijadikan komoditas ekspor, di antaranya kerajinan berbasis kain perca, kain flannel, kerajinan dari kayu atau bambu, dari barang bekas, dan dari daur ulang kertas.
    Kerajinan dari kain perca yang paling menjanjikan adalah sprei dan selimut. Pasalnya, orang-orang di berbagai negara yang selalu mengikuti tren mode senantiasa merubah penampilan interior rumah mereka, termasuk penampilan sprei dan selimutnya, menyesuaikan dengan tren yang ada. Terbukti, pada tahun 2013 ada 90 eksportir Indonesia yang berhasil mengekspor produk mereka. Selain seprai dan selimut, produk kerajinan berbahan kain perca yang menjanjikan lainya adalah kerajinan tas unik, souvenir cantik, kain bantal dan guling, dan perabot rumah tangga.

    www.wisata-buku.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2262&Itemid=2405

    Nama : Rizki purnama
    Kelas : XI IPA 5

    BalasHapus
  24. Kesenian dari barang bekas adalah salah satu jenis hasil karya seni oleh individu ataupun kelompok di mana bahan-bahannya terdiri dari barang-barang bekas. misalnya Wensislaus Makur membuat tas unik dari limbah karung plastik beras, sampai menembus pasar konsumen di Eropa

    Nama: Titian Oka Pitaloka
    Kelas: XI ipa 5

    BalasHapus