Rabu, 19 Juni 2013

RAFAEL NADAL

Rabu, 19 juni 2013
BEBERAPA HAL TENTANG RAFAEL "RAFA" NADAL


Baru-baru ini 2 event  Grand Slam digelar, yang merupakan bagian dari rangkaian ATP Master Tour 2013. Event tersebut yaitu Madrid Open dan French Open atau lebih sering dikenal dengan nama "Roland Garros". Kebetulan saya mengikuti dari babak penyisihan hingga babak final kedua event tersebut. Memang selain sepak bola dan Moto GP/F1, tenis merupakan salah satu cabang olah raga yang juga saya sukai. Dan salah satu petenis favorit saya adalah Rafael Nadal. Oleh karena itu disini saya akan mengulas sedikit tentang serba-serbi dari petenis kidal tersebut. 

Rafael Nadal Parera atau yang lebih dikenal dengan nama Rafael "Rafa" Nadal, merupakan petenis profesional asal spanyol. Lahir di Mallorca, 3 juni 1986 dari pasangan Sebastian Nadal & Ana Maria Parera. Belum genap 12 tahun, Nadal memutuskan untuk berkarier di dunia tenis, dan pada umur 14 tahun dia sudah memasuki karier pro nya dengan lawan yang dihadapinya saat itu adalah petenis legendaris Pat Cash. 
Pada tahun 2002 Nadal memenangkan ATP pertamanya, mengalahkan Ramon Delgado di Mallorca kota kelahirannya. Sampai saat ini dia telah memperoleh 12 Grand Slam, dan 8 diantaranya merupakan rekor dunia, dimana dia bisa memenangkan Frenc Open (Roland Garros) sebanyak 8 kali.

Selain kegemilangan kariernya pro nya, ada beberapa fakta unik yang ada pada diri Nadal, hal inilah yang akan saya sedikit ulas disini.
1.  Perlengkapan
Rafael Nadal merupakan petenis yang melakukan sesuatu secara sistematis, termasuk dari segi perlengkapan bertanding. Dari segi pakaian, Nadal dikenal sering menggunakan celana Capri atau celana 3/4 dengan bandana, dan baju tanpa lengan (walaupun sekarang sudah tidak lagi). Sepatu yang digunakan dari aparel keluaran Paman Sam, bertuliskan Vamos Rafa (yang berarti "Ayo Rafa"). Untuk raket dia menggunakan "Babolat Aeroprro Drive".
2.  "King Of Clay"
Nadal mendapat julukan tersebut karena dia petenis yang terkenal dengan kehebatannya di lapangan tanah liat, 8 Grand Slam nya diraih di lapangan tersebut yaitu di Roland Garros. Dia petenis yang terkenal sering melakukan  slide yang sangat cocok dengan karakter lapangan tanah liat.



3.  Pelatih
Dari awal karier pada usia belasan tauhn sampai dengan sekarang Nadal tidak pernah berganti pelatih. Ia hanya dilatih oleh satu orang yaitu "Tony Nadal" yang tak lain adalah pamanya sendiri.
4.  Botol Minuman
Nadal salah satu pemain tenis yang banyak melakukan kebiasaan "Non Teknis" saat bertanding, salah satunya dia selalu mengambil botol minuman nya dengan urutan yang sama, Caranya dengan meletakkan botol minuman dengan hati-hati seolah benar-benar diukur dan meletakkannya ditempat semula dengan posisi selalu simetris. 
5.  Handband
Nadal baru akan menggunakan handband beberapa detik sebelum menginjak lapangan.
6.  Handuk
Setiap kali bertanding Nadal selalu menyediakan 2 buah handuk untuk menyeka keringatnya, dan handuk itu selalu dipakai keduanya dengan urutan pakai yang diatur sedemikan rupa. Cara meletakkan handuk pun selalu sama, baik itu saat bertanding ataupun saat jeda istirahat game.
7.  Servis


Salah satu kebiasaan unik nadal lainnya adalah pada saat servis atau menunggu servis dari lawan dia selalu melakukan ritual rutin yaitu mulai dari memukul raket ke kakinya, lalu menarik celana bagian belakang, pegang bahu kiri dan kanan, pegang kuping kiri, hidungnya dipencet2 terus lanjut ke kuping kanan. Selain itu dia selalu memegang 3 buah bola sesaat sebelum servis.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi kebiasaan unik dari seorang Rafel Nadal, mungkin akan saya bahas lagi setelah dia bisa menjadi Juara di Wimbledon 2013 yang akan digelar mulai tanggal 24 Juni 2013. 


VAMOS NADAL ....!!!!!!

(Diambil dari beberapa sumber)

0 komentar:

Posting Komentar